Sejarah

Latar Belakang
Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Senat Psikologi UGM berdiri sebagai suatu lembaga yang menjadi wakil mahasiswa untuk menyuarakan aspirasi mahasiswa. Sistem organisasi kemahasiswaan berfungsi untuk melindungi dan sebagai wadah kemahasiswaan. Pada mulanya seluruh Badan Kegiatan Mahasiswa (BKM) berada di bawah BEM karena BEM merupakan lembaga eksekutif, yang menerjemahkan keinginan mahasiswa dalam wujud nyata, dan lembaga legislatif, yang bertugas untuk mengawasi jalannya proses dalam dekanat Psikologi, resmi yang diakui oleh fakultas psikologi saat itu.

Evolusi
Pada tahun 2000 mulai muncul fenomena dalam badan BEM, BKM lain berusaha menggulingkan BEM karena dianggap tidak bekerja secara semestinya. Kesalahan terjadi pada kinerja BEM tetapi BKM lain justru mematikan sistem yang terdapat dalam BEM tersebut melalui sidang istimewa Anggaran Dasar Organisasi Kemahasiswaan (ADOK). Secara de jure BKM lain berada di bawah BEM tetapi tanpa alasan yang jelas BKM lain menganggap tidak ada garis komando dari BEM ke BKM yang ada di fakultas Psikologi. Sejak inilah BEM berganti nama menjadi Lembaga Mahasiswa (LM) Psikologi UGM.

Tahun 2001 dan 2002 masih belum ada perubahan yang diinginkan BKM lain terhadap LM. LM tidak dapat bekerja secara maksimal karena LM masih belum jelas berada pada posisi mana sehingga anggota LM bingung untuk memposisikan diri untuk bekerja. Pada tahun 2003, LM sebagai lembaga mahasiswa fakultas Psikologi langsung mengambil alih Psikologi Rumah Kita (PRK) yang sebelumnya dipegang oleh seluruh BKM dan LM. Dan pada pergantian dekan fakultas Psikologi UGM, ketua LM diundang dalam sidang penyerahan jabatan sebagai wakil mahasiswa.

Evolusi dari pengurus 2003/2004 adalah dalam undang-undang sidang umum membantah ADOK. Pada pergantian pengurus 2003/2004 ke 2004/2005 ADOK secara de jure tidak berlaku lagi, hal ini membuat legalitas fungsi dalam tubuh LM. Struktur kepengurusan yang saat ini terdapat dalam tubuh LM sebenarnya diambil dari GBHK sidang umum pergantian pengurus 2003/2004 dan kepengurusan 2003/2004 sebagai tonggak awal secara nyata berdirinya LM Psikologi UGM.

Sejak kepengurusan yang pertama di tahun 2004, LM Psikologi UGM hingga kini terus berupaya menjadi lembaga yang bisa memberikan manfaat besar kepada masyarakat. Perbaikan demi perbaikan selalu dilakukan setiap pergantian kepengurusan semata mata untuk mewujudkan LM Psikologi yang kuat, bermartabat, dinamis, dan kontributif.